Jumat, 17 Mei 2013

Si Kecilku SD


Ya. Tahun ajaran baru bulan Juli 2013 nanti si gantengku, Habib, mulai masuk sekolah dasar. Setelah sebelumnya saya sempat bimbang haruskah dia saya sekolahkan di negeri atau swasta, sebulan yang lalu saya yakin bahwa saya telah memilih sekolah swasta ini untuk enam tahun ke depan Habib.

Tanggal 27 April yang lalu Habib mengikuti tes ujian masuk Islamic Full Day School Al Husna. Beberapa tes yang diberikan adalah tes membaca, tes menulis, tes berhitung, tes bahasa inggris, tes kepribadian dan tes mengaji. Tes membaca berupa membaca beberapa kalimat (kurang lebih satu paragraf) sebuah buku cerita bergambar. Tes menulis terdiri dari menulis beberapa kata yang membentuk satu kalimat. Saat itu, Habib kebagian menulis à pensil untuk menulis, dan dua kata lagi à tas baru. Alhamdulillah dia bisa (^_^) sedangkan untuk berhitung, tester menyediakan sekotak permen yang kemudian dia memainkan penambahan dan pengurangan melalui permen tersebut. Tes bahasa inggris terdiri dari kosa kata ringan dan berbagai jenis warna. Untuk tes kepribadian, calon siswa diminta untuk menyebutkan identitasnya dan sedikit tanya jawab. Untuk tes mengaji, calon siswa akan ditanya, dia sampai iqro’ atau jus berapa, lalu membaca iqro’ atau jus yang ia sebutkan. Dan terakhir, bermain flying fox.

Mungkin hal terakhir itu yang sangat disukai Habib hingga dia bersikukuh ingin bersekolah di SDIT ini. Saya setuju saja karena saya memang suka cara belajar di SDIT ini, yang menerapkan metode SAL (Super Aktif Learning) dan juga jumlah siswa yang tidak terlalu banyak (maks 30 siswa) dengan satu guru kelas dan satu guru pendamping, serta tidak diberlakukan pe-er, sehingga semua harus selesai di kelas, jika tidak mampu, guru akan membantu.

SDIT ini memang masih tergolong baru tapi insya Allah akan cepat berkembang dengan sistem belajar yang tidak dimiliki sekolah lain. Walau Habib berkesempatan untuk sekolah negeri, tapi baik saya maupun suami sudah memilih sekolah ini. Tidak mengapa mahal sedikit tapi semoga manfaatnya banyak. Aamiin.

Enjoy your school, Bib (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar